Apa dan Bagaimana Online Advertising itu.

Satu dari banyak strategi periklanan (promosi) yang digunakan saat ini adalah iklan online (online advertising) melalui internet. Dibandingkan dengan bentuk iklan lain seperti penggunaan papan reklame besar serta iklan TV, iklan online dan internet marketing atau advertising ini dianggap sebagai salah satu yang paling terjangkau namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini karena harga yang relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk dicapai(menuju sasaran), dibandingkan dengan mendirikan sebuah billboard atau iklan TV, Jadi apa sebenarnya online advertising atau internet advertising itu ?

Definisi Online Advertising?

Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau teknik. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads (periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising), iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising), jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta bahkan e - mail spam.

Keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional

Karena munculnya teknologi online yang menjadi booming saat ini, perusahaan di seluruh dunia telah sangat mengambil manfaat dari hal ini untuk menyampaikan pesan-pesan mereka secara serentak di seluruh dunia. Melalui penggunaan ini, beberapa profesional kemudian membuat beberapa laporan dari keuntungan ini dibandingkan dengan metode konvensional seperti membuat billboard dan iklan TV.

Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan menggunakan iklan online meliputi:

Segera menerbitkan informasi dan konten. Salah satu dari banyak perjuangan mendirikan sebuah iklan adalah waktu bahwa perusahaan-perusahaan harus menunggu sebelum benar-benar membuat iklan mereka di publikasikan. Online advertising, bagaimanapun, membuat ini lebih mudah dan lebih cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan waktu. Untuk itu, iklan interaktif yang muncul menghadirkan tantangan-tantangan segar bagi pengiklan, yang hingga kini masih mengadopsi strategi interruptive (contoh iklan TV).

Efisiensi investasi pengiklan. Online advertising memungkinkan untuk penyesuaian iklan, termasuk konten dan diposting website. Sebagai contoh, AdWords dan AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan di halaman Web yang relevan atau berada disamping hasil pencarian dengan kata kunci yang telah dipilih dulu.

Metode Pembayaran. Apa pun variasi pembelian yang dipilih, pembayaran biasanya relatif dengan respon audiens, apa lagi dengan banyaknya payment processor online yang ada saat ini banyak tersedia seprti paypal, alertpay, Neteler dan ain sebagainya.

Metode tidak etis iklan online

Selain metode etis periklanan online, seperti penggunaan aplikasi yang ramah pengguna, terdapat juga metode kelas iklan yang dianggap tidak etis dan bahkan mungkin dianggap ilegal. Ini termasuk aplikasi eksternal yang mengubah pengaturan sistem (seperti browser's home page), pop-up, dan memasukkan iklan ke dalam halaman web non-afiliasia, plikasi seperti itu biasanya dicap sebagai spyware atau adware.

4 comments:

harto said...

Online Advertising promosi yang mudah, murah tanpa banyak macam2 syaratnya.
Trims infonya sangat membantu, semoga suksess n Tetap Semangat.... salam kenal...

mygoblog said...

jika melihat arah perkembangannya saat ini apa yang gambarkan diatas sangatlah tepat..menggunakan internet sebagai salah satu media beriklan merupakan langkah terbaik, tepat sasaran dan yang pasti jauh lebih murah dibandingkan metode beriklan lainnya...makasih teman atas tambahan pengetahuannnya.

Achmad Jainuri said...

gimana caranya membuat online ads yang efektif??

CV.ARWANA MANDIRI SEJATERAH said...

terimakasih atas infonya,!!!
untuk menambah wawasan tentang iklan online dan bisnis online,,
jika berkenan silahkan kunjungi blog kami & merupahkan sebuah kehormatan bagi kami
http://cvams99.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda :