Mengenal berbagai ancaman terhadap komputer

Ketika kita sedang berselancar internet di rumah atau di kantor, komputer bisa saja terkena berbagai jenis ancaman yang dapat menyebabkan komputer berfungsi tidak benar. Tidak seperti infrastruktur jaringan skala besar di perusahaan yang memiliki manajemen keamanan baik, komputer di rumah mungkin akan rentan terhadap ancaman saat berinternet.

Definisi Ancaman Terprogram

Komputer dirancang untuk mengeksekusi instruksi satu demi satu. Instruksi ini biasanya melakukan sesuatu yang berguna, menjaga database, dan berkomunikasi dengan pengguna dan dengan sistem lain. Kadang-kadang, instruksi yang dieksekusi ini dapat juga melakukan kesalahan atau kerusakan. Ketika kerusakan terjadi secara kebetulan pada suatu sistem, kita menyebutnya dengan bug (software bug). Bug mungkin adalah yang paling umum yang menyebabkan program tidak berpilaku dengan benar.

Tetapi jika sumber instruksi yang merusak adalah datang dari suatu sumber indvidu yang menyebabkan terjadi perilaku abnormal pada komputeri, kita meyebutnta malicious code (petunjuk kode berbahaya), atau ancaman yang didiprogram. Beberapa orang menggunakan istilah malware untuk menjelaskan malicious software ini.

Ada banyak berbagai jenis ancaman yang diprogram. Para ahli IT menggolongkan ancaman dari cara mereka berperilaku, bagaimana mereka dipicu, dan bagaimana mereka menyebar. Dalam beberapa tahun terakhir, kejadian ancaman yang diprogram ini telah digambarkan hampir seragam oleh media sebagai virus komputer dan worm (dalam media yang lebih teknis). Namun, virus dan worm menyebabkan hanya sebagian kecil dari kode berbahaya yang telah dibuat tersebut.Dengan mengatakan bahwa semua kehilangan data atau kerusakan pada sistem komputer disebabkan oleh virus adalah sebagai tidak akurat seperti halnya mengatakan bahwa semua penyakit manusia disebabkan oleh virus.

Ancaman-ancaman itu antara lain :
  1. Rootkits
  2. Backdoor
  3. Logic Bomb
  4. Trojan Horses
  5. Viruses
  6. Worm
Untuk definisi masing-masing malicious code tersebut silahkan anda cari di google, tau mungkin nanti saya akan menulisnya kalo sempat.

5 comments:

akhatam said...

Wah info penting nih....mantap sob...

duitgratis said...

Hehehe trojan dah pernah kena.. Worm dah sering hampir tiap hari. LOL maklum kampus sarang virus

taris said...

Ya resiko sih sob berselancar kalo nggak pake pengaman....
Nice post

tovazone said...

virus memang datangnya tidak diundang dan menyerangnya dari berbagai macam jalan. virus itu muncul salah satunya adalah berasal dari email yang mengandung spam

Rachmad Pribadi said...

gan mau tanya antivirus yang dapat mengatasi itu semua dan memberikan perlindungan terbaik buat pc/notebook kita apa? kirim ke emailku rachmadp24@gmail.com terimakasih

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda :