Koneksi Telkom Flash

Sudah 5 bulan saya menggunakan layanan Telkom Flash untuk berinternet, sebelumnya saya menggunaka layanan M2 Broom, berhubung M2 rada-rada lelet dan susah konek meskipun sinyal yang didapat full 3G (gak tau sih kalo ditempat lain apa masalahnya sama) akhirnya pindah deh ke flash. Alasan pertama saya pindah ke flash adalah setelah melakukan perbandingan, kebetulan adik saya sudah lebih dulu menggunakan flash saat itu sedangkan saya meggunakan M2. Dengan menggunakan modem yang sama diruangan yang sama pula ternyata koneksi flash lebih cepat dan lebih stabil.

Akhirnya bulan april 2009 saya berlangganan Flash meskipun lebih mahal sedikit dari M2 he...he, gak apa-apa deh pikir saya kalo emang ternyata memuaskan. Bulan pertama, kedua dan ketiga koneksi lancar tapi bulan-bulan berikutnya mulai deh permasalahan muncul seperti, koneksi sering putus atau malah tidak ada data transfer meskipun sinyal sudah dapet 3G bahkan HSDPA !. Saya jadi bertanya-tanya, apakah koneksi broadband di Indonesia sebegitu parahnya atau layanan para provider yang kurang kepada pelanggannya, dalam arti hanya mencari pelanggan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan ketersediaan bandwidth yang ada.

Suatu hari saya baca artikel tentang antena wajan bolic yang gunanya untuk memperkuat sinyal hotspot dimana pada wajan bolic tersebut yang dipasang diluar rumah (bisa menggunakan tiang atau pipa) diletakan USB wireless untuk koneksi hotspot. Nah...dari sini saya dapet ide untuk meletakan modem USB e220 diluar rumah karena saya pikir mungkin sinyal lebih kuat kalau modem USB diletakan diluar rumah. Akhirnya saya beli deh kabel USB extension 1 meteran 2 buah kemudian saya sambung-sambung agar si moden bisa disimpan di luar ruangan, kebetulan kamar saya ada di lantai dua dan meja komputer berada dekat jendela.

Hasilnya memang cukup bagus, sinyal menjadi lebih kuat dan stabil lumayan lah dengan modal Rp 20.000,- mudah-mudahan dapat koneksi yang gak gampang putus. Tetapi tetap saja sih kalo emang sinyal dari sononya lagi jelek ya paling dapet GPRS/EDGE.

Berdasarkan pengamatan saya ternyata, koneksi terasa cepat itu pada saat jam 04 - 10 pagi, wah...bener-bener puas tuh kalo internetan jam segitu, tapi apa saya mau internetan jam segitu tiap hari kan gak mungkin !.

Kapan ya ada koneksi brodband murah dan cepat di Indonesia ? Jadi mikir-mikir mau nyari provider lain.