Tips agar Blog sukses dan naik peringkat di search engine

Jika sahabat blogger benar-benar ingin berhasil di dunia internet marketing atau blogging dan ingin meningkatkan keuntungan online melalui blog, ada beberapa tips yang mudah-mudahan akan membantu untuk membuat blog kita sukses.

Tips ini bisa menentukan seberapa kuat blog kita untuk bisa bertahan atau bahkan mampu memperbaiki posisi di mesin pencari (google, yahoo,Bing), dengan kata lain Blog bisa ter-indeks oleh mesin pencari dengan cepat, jadi perlu dipastikan bahwa blog kita sudah dioptimalkan untuk search engine (Search Engine Optimization). Faktor-faktor tesebut antara lain :
  • Judul blog anda dan struktur URL harus tepat! URL blog diusahakan harus search engine friendly dan user friendly. URL Blog harus pendek dan ringkas. Hal ini sangat penting untuk nama URL blog yang berhubungan dengan niche bisnis online Anda.
  • Blogging teratur atau setiap hari, mengupdate konten secara berkala adalah yang sangat penting. Kekuatan sebuah blog terletak pada konten, Content is the King, dengan konten yang banyak akan mendatangkan traffic yang besar. Mesin pencari sangat suka dengan konten-kontent yang fresh, kemudian meng-indeks konten baru tersebut dan tentu saja ini akan meningkatkan peringkat di search engine.
  • Kategorikan konten di blog anda, pastikan bahwa anda menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat, karena hal ini akan meningkatkan peringkat di mesin pencari. Jika situs Web atau blog anda adalah tentang bagaimana memulai bisnis di rumah, anda dapat membuat kategori seperti "peluang bisnis di rumah", " tips untuk sukses bisnis di rumah", "rahasia untuk menghasilkan uang secara online" dan "bisnis di rumah hasilkan jutaan rupiah" dan lain-lain. Kreatiflah dan buat kategori menarik untuk blog anda. Menggunakan berbagai kata kunci untuk niche blog anda akan meningkatkan peringkat blog di mesin pencari .
  • Tandai konten (tag content), jika ingin blog anda mendapatkan visibilitas tinggi dimata mesin pencari, penting untuk membuat tag pada konten. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan meta tag . Silahkan cari bagaimana men tag content untuk blog di om google.
  • Ping, Setiap kali menambahkan konten baru pada blog, ping blog anda untuk memberitahukan mesin pencari bahwa anda telah menambahkan konten baru di situs/blog. Untuk melakukan ping bisa dengan memanfaatkan fasilitas ping di technorati atau situs-situs sejenos lainnya
  • Submit blog ke blog direktori dan direktori niche. Ini akan membantu blog untuk mendapatkan trafik (kunjungan) yang diarahkan dari direktori ini dan juga menciptakan one way link ke situs Anda dari direktori ini.
Mudah-mudahan tips ini berguna bagi sahabat-sahabat blogger.