Tanda-tanda komputer terinfeksi Spyware

Pada artikel ini, saya akan menuliskan tanda-tanda yang sering terjadi jika kommputer Anda terinfeksi spyware. Spyware ada dimana-mana, anda tidak akan menyadari itu. Ketika komputer terhubung dengan internet, maka spyware telah siap menginfeksi komputer anda.
Bisa saja program Anti-Spyware menjadi semakin kuat, tetapi tetap saja spyware terus menjadi sangat rumit untuk dideteksi.

Menurut pendapat saya, kita tidak bisa mengandalkan program anti spyware saja untuk mengetahui jika komputer terinfeksi spyware atau tidak. Anda harus mampu melihat tanda-tanda lain bahwa mungkin komputer sudah terinfeksi spyware.

Nah, jika anda melihat salah satu dari tanda-tanda dibawah ini, ada kemungkinan besar komputer sudah terinfeksi spyware, menurut pendapat saya, melihat salah satu tanda-tanda ini adalah alasan yang cukup untuk segera menjalankan scanning pada komputer.

  • IEplorer.Exe
    Cobalah melihat daftar proses yang berjalan pada komputer Anda, caranya tekan (Ctrl + Alt + Del) untuk membuka Task Manager, dan lihat pada tab Processes apakah Anda melihat IEXPLORE.EXE (untuk IE versi 6 biasanya huruf besar semua) sedang berjalan? jika anda sedang menggunakan browser Internet Explorer atau Internet Explorer terbuka di latar belakang, maka Anda tidak perlu khawatir jika melihat IEXLPORE.ExE dalam daftar proses. Namun, jika Anda menutup Internet Explorer atau Anda me-restart komputer dan ternyata ada IEXplore.Exe atau IEXplorer.exe sedang berjalan ketika Anda jelas tidak sedang menggunakan Internet Explorer, maka ini adalah tanda bahwa komputer Anda mungkin terinfeksi dengan Spyware. Banyak jenis Spyware dan Virus akan berjalan sebagai proses IExplore.exe dalam daftar untuk membingungkan Anda dengan Internet Explorer.
  • Pop-Ups yang tidak bisa dijelaskan ?
    Pop-Ups masihmenjadi masalah bagi beberapa pengguna internet yang tidak menggunakan pop-up blocker. Hal ini umum terjadi jika kita membuka situs-situs Web yang mempunyai banyak iklan atau situs-situs yang memang sengaja memasang pop-up.
    Namun, jika anda tiba-tiba mendapat pop-up windows pada saat-saat dimana tidak semestinya terjadi pop-ups, bisa jadi ini merupakan tanda infeksi. Hal ini dapat pula terjadi bila Anda tidak sedang berselancar, misalnya ketika anda pertama kali menyalakan komputer, dan tiba-tiba mengalami kejadian munculnya pop-ups, jangan tunggu lagi,jalankan scanning!
  • Infection Warning, Munculnya peringatan komputer terinfeksi
    Apakah Anda pernah menerima sejumlah peringatan adanya infeksi pada komputer Anda?
    Jika demikian, mungkin peringatan infeksi itu sendiri adalah spyware! Program spyware akan menampilkan peringatan palsu justru untuk menyuruh anda men-download spyware yang lebih ganas lagi, saya rasa hal seperti ini menjadi umum karena saya sendiri pernah mengalaminya. Pop-ups seperti ini tampak sah dan terlihat seperti mereka datang dari Windows. Ternyata tidak! kecuali jika anda yakin bahwa pop-ups ini datang dari program anti spyware yang sudah anda gunakan. Bahkan jika Anda merasa pop-ups ini mungkin dari program anti spyware, ada baiknya bermain aman dan tidak mengklik kotak. lLbih baik buka program anti spyware dengan melakukan scan secara teratur.
  • Ada yang baru pada Startup list
    Salah satu cara cepat untuk mencari kemungkinan infeksi adalah dengan melihat daftar item yang sudah ditetapkan untuk dijalankan pada startup. Anda bisa melihatnya dengan cara buka run===> ketikan "msconfig" ====>kemudian klik pada tab Startup, disini anda bisa melihat daftar startup yang sudah ada. Saya sarankan sih gunakan program seperti StartUp Manager yang akan dengan mudah menampilkan daftar tentang apa yang sedang berjalan saat startup.
    Pokoknya, lihatlah daftar item yang berjalan pada startup. Apakah ada yang telah ditambahkan sejak terakhir kali anda memeriksa apa yang sedang berjalan saat startup?
    Jika terdapat item baru dan anda tidak mengenali mereka, ini mungkin merupakan tanda infeksi spyware.
  • Homepage pada browser berubah
    Dan terakhir, jika Anda membuka browser Internet misalnya IE (IE itu default homepagenya msn.com) ternyata saat dibuka homepagenya telah berubah, ini jelas merupakan suatu pertanda bahwa komputer Anda mungkin terinfeksi spyware. Mengubah situs default browser Anda adalah salah satu trik tertua yang dilakukan Spyware untuk menginfeksi. Jika situs Anda telah berubah dan Anda tidak mengubahnya, jalankan scanning!
    Nah, jika anda ingat dan menemui tanda-tanda ini, segera lakukan scanning dengan Program anti Spyware terupdate !