Kerja Keras Adalah Energi Kita - Transformasi Pertamina

Berbicara mengenai PT. Pertamina sekarang ini, tentu mengingatkan kita kepada program Transformasi Pertamina yang sudah digulirkan sejak tahun 2006 silam. Dulunya Pertamina adalah Sebuah perusahaan yang hampir identik dengan kontroversi, mulai dari budaya feodal yang sudah berakar dimana semua penugasan bersifat monopoli sampai dengan hutang luar negeri berskala besar yang membuat Pertamina bangkrut di tahun 1974.

Pada era Persero (transformasi perusahaan) banyak perubahan terjadi dalam tubuh manajemen, Pertamina telah melakukan tranformasi dan restrukturisasi yang mendasar agar menjadi suatu perusahaan yang mampu menerapkan GCG (Good Corporate Governance) secara konsisten dan efisien. Dengan kerja keras tentunya Pertamina akan mampu mewujudkan visinya manjadi perusahaan minyak dan gas kelas dunia (world class integrated oil and gas company) ditahun 2014, sebuah harapan yang besar bagi pertamina dan bangsa indonesia.

Saya yakin bahwa ketika dimulainya era tranformasi di tubuh pertamina, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, mendobrak sistem yang telah berjalan puluhan tahun tentu saja akan selalu ada pro dan kontra, akan ada pihak-pihak yang tidak setuju.

Sejauh ini masyarakat mungkin bisa melihat beberapa program nyata dari pertamina yang sudah cukup berhasil, diantaranya Program Konversi minyak tanah ke elpiji yang bertujuan untuk penghematan energi bahan bakar minyak, meskipun ada ketakutan dari beberapa kalangan masyarakat mengenai keamanan pemakaian tabung gas. Bahkan berdasarkan cerita teman saya yang berkunjung ke sebuah desa ada banyak keluarga yang mengembalikan dan bahkan menjual paket konversi ini karena takut tabung gasnya meledak. Mengenai hal ini saya perlu adanya penyuluhan kembali kepada masyarakat agar program ini berhasil.

Disamping itu program yang lain adalah bergantinya wajah SPBU Pertamina dengan yang lebih bagus dan diterapkannya Program Pertamina "Pasti Pas" di hampir setiap SPBU dengan pelayanan yang lebih ramah dan dapat dipercaya. Ini sebuah kerja keras Pertamina untuk bisa bersaing dengan kompetitor dari negera-negara lain yang saat ini mulai memasuki pasar dalam negeri.

Perubahan dari sisi manajemen mungkin masyarakat belum banyak yang tahu seperti apa, mungkin tranparansi dan responsiblitas yang tentunya lebih baik, yang pasti pertamina harus mampu melakukan efisiensi dari segi distribusi dan produksi agar bahan bakar minyak bisa menjadi lebih murah sehingga dapat di nikmati seluruh lapisan masyarakat. Terus terang saja saya sendiri adalah pengguna produk-produk pertamina seperi bahan bakar premium dan minyak pelumas kendaraan bermotor, tidaka ada dalam pikiran saya untuk membeli produk sejenis dari perusahaan luar.

Perlu digaris bawahi adalah upaya kerja keras pertamina untuk menjadikan energi minyak bumi dan gas bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan perlu dihargai, karena mau tidak mau Pertamina adalah perusahaan yang harus berfungsi sebagai pelayan publik (public service obligation) disamping sebagai perusahaan yang berorientasi profit.

Sebagai seorang blogger saya berharap kepada Pertamina di ulang tahunya yang ke 52 ini untuk selalu menjaga kualitas produksi baik itu berupa barang maupun jasa, menyiapkan SDM berkualitas untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis dimasa depan. Selalu berkomitmen untuk menerapkan aturan main, etika kerja dan prinsip-prinsip kerja yang baik. Dengan kata lain prinsip Good corporate Governance (GCP) yang baik harus selalu dipegang teguh. Ingatlah selalu "Kerja Keras Adalah Energi Kita" semoga Cita-cita pertamina untuk menjadi world class integrated oil and gas company benar-benar dapat tercapai di tahun 2014 nanti.

Apa dan Bagaimana Online Advertising itu.

Satu dari banyak strategi periklanan (promosi) yang digunakan saat ini adalah iklan online (online advertising) melalui internet. Dibandingkan dengan bentuk iklan lain seperti penggunaan papan reklame besar serta iklan TV, iklan online dan internet marketing atau advertising ini dianggap sebagai salah satu yang paling terjangkau namun merupakan bentuk iklan yang sukses. Hal ini karena harga yang relatif lebih murah dan jauh lebih mudah untuk dicapai(menuju sasaran), dibandingkan dengan mendirikan sebuah billboard atau iklan TV, Jadi apa sebenarnya online advertising atau internet advertising itu ?

Definisi Online Advertising?

Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Meskipun kata itu sendiri menggambarkan hanya satu agenda, iklan online biasanya dibagi menjadi beberapa bagian atau teknik. Menurut para professionasl Internet Advertising, iklan online meliputi beberapa teknik seperti iklan kontekstual pada halaman hasil mesin pencari(search engine), iklan banner (banner ads), Rich Media Ads (periklanan dengan melibatkan media interactiv digital seperti audio dan video streaming), iklan jaringan sosial (social network advertising), iklan online berdasarkan klasifikasi (online classified advertising), jaringan periklanan (advertising networks) dan e-mail marketing, serta bahkan e - mail spam.

Keunggulan dibandingkan dengan metode konvensional

Karena munculnya teknologi online yang menjadi booming saat ini, perusahaan di seluruh dunia telah sangat mengambil manfaat dari hal ini untuk menyampaikan pesan-pesan mereka secara serentak di seluruh dunia. Melalui penggunaan ini, beberapa profesional kemudian membuat beberapa laporan dari keuntungan ini dibandingkan dengan metode konvensional seperti membuat billboard dan iklan TV.

Menurut konsultan Internet Advertising, keuntungan menggunakan iklan online meliputi:

Segera menerbitkan informasi dan konten. Salah satu dari banyak perjuangan mendirikan sebuah iklan adalah waktu bahwa perusahaan-perusahaan harus menunggu sebelum benar-benar membuat iklan mereka di publikasikan. Online advertising, bagaimanapun, membuat ini lebih mudah dan lebih cepat, serta tidak membatasi cakupan geografis dan waktu. Untuk itu, iklan interaktif yang muncul menghadirkan tantangan-tantangan segar bagi pengiklan, yang hingga kini masih mengadopsi strategi interruptive (contoh iklan TV).

Efisiensi investasi pengiklan. Online advertising memungkinkan untuk penyesuaian iklan, termasuk konten dan diposting website. Sebagai contoh, AdWords dan AdSense memungkinkan iklan yang ditampilkan di halaman Web yang relevan atau berada disamping hasil pencarian dengan kata kunci yang telah dipilih dulu.

Metode Pembayaran. Apa pun variasi pembelian yang dipilih, pembayaran biasanya relatif dengan respon audiens, apa lagi dengan banyaknya payment processor online yang ada saat ini banyak tersedia seprti paypal, alertpay, Neteler dan ain sebagainya.

Metode tidak etis iklan online

Selain metode etis periklanan online, seperti penggunaan aplikasi yang ramah pengguna, terdapat juga metode kelas iklan yang dianggap tidak etis dan bahkan mungkin dianggap ilegal. Ini termasuk aplikasi eksternal yang mengubah pengaturan sistem (seperti browser's home page), pop-up, dan memasukkan iklan ke dalam halaman web non-afiliasia, plikasi seperti itu biasanya dicap sebagai spyware atau adware.