31 May 2010

Perkembangan USB Flash Drive : Dari USB 1.0 ke USB 3.0

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
USB Flash drive
Sebelumnya kita mungkin tidak akan pernah membayangkan bagaimana sebuah USB Flash drive akan menjadi teman di kehidupan kita ketika pertama kali muncul. Teknologi ini begitu cepat berkembang. Port USB versi 1.0 diperkenalkan pada tahun 1996 dan segera diikuti oleh versi 1.1 pada tahun 1998. Seiring dengan peningkatan permintaan dari para praktisi IT dan pemakai komputer, jelas bahwa USB Flash Drive/Disk ini semakin dibutuhkan meskipun dengan kinerja yang tidak efisien lagi dari sisi kecepatan transfer. Namun, hal ini berubah pada bulan April 2000, yang dianggap sebagai awal era flash drive USB port 2.0. USB port 2.0 ini sangat melebihi pendahulunya dalam segala hal. Tingkat transfer maksimum USB 2.0 adalah 480 Mbits/s yang 40 kali lebih cepat maka USB 1.1.

Perusahaan-perusahan hardware terkemuka melihat ini sebagai kesempatan besar pada pengembangan Flash drive. Dengan maksimum membaca / menulis dengan kecepatan hampir 40 Mbytes /s, berbagai jenis USB memory stick terus datang ke pasar TI.

Meskipun demikian, tidak ada yang menganggapnya sebagai pengganti floppy disk, tapi sekarang kita berada di 2010 dan floppy drive tidak lagi dibutuhkan karena USB flash drive telah mengambil alih semua fungsi dari floopy, melalui penyimpanan data, instalasi OS, backup dan transfer.USB drive lebih tahan lama, aman dan memiliki kapasitas yang lebih besar mencapai 64GB untuk saat ini

Tahun 2010 membawa kita ke satu langkah inovatif dalam teknologi USB Flash Drive yaitu USB 3.0 - USB port yang paling ampuh dengan transfer rate maksimum yang menakjubkan dari 3.200 Mbits / s. USB 3.0 flash drive telah diperkenalkan mulai dari 16 GB menjadi 256 GB dan mencakup bidang keamanan, kehandalan dan kecepatan.

Kita sudah memiliki USB flash drive dengan fitur yang sangat berguna seperti meyimpan sistem operasi secara keseluruhan pada saat bepergian atau USB flash drive khusus dirancang untuk menyimpan catatan penting medis pribadi yang mungkin akan menyelamatkan nyawa Anda satu hari dan banyak lagi. Meskipun mungkin tampak seperti tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan teknologi USB, kemajuan besar dari tahun 1998 adalah sebuah kesaksian bagi upaya-upaya inovatif lanjutan untuk meningkatkan performa dari USB flash drive.

Masa depan USB 3.0 terlihat sangat menjanjikan dan setiap hari ribuan orang bekerja keras mengembangkan cara baru untuk menggunakan memori USB stick. Mari kita lihat kemana USB Flash Drive/Disk membawa kita dimasa depan.

Author:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda :

 
Copyright ©2016 myworld mylife • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger