Berhati-hatilah dengan akses internet gratis


Ya, berhati-hatilah jika anda mengakses internet melalui sebuah jaringan open Wi-Fi atau akses Wi-Fi gratis, Hotspot gratis atau akses internet publik lainya, karena anda tidak tahu siapa penyedia layanan ini, atau siapa saja yang mengaksesnya. Di sebuah airport koneksi Wi-Fi mungkin lebih aman untuk cek email atau mengupdate status facebook, tapi bagaimanapun koneksi ini tidak aman 100%.

Apa yang dikatakan Nick Johnston, salah seortang senior engineer Software di Symantec (salah satu vendor Antivirus terbesar), dia mengatakan bahwa pada salah satu terminal internet disebuah airport besar di inggris, dia melihat kemunculan sebuah "defense center Installer" dialog box yang tidak biasa yang ternyata adalah sebuah software antivirus palsu, yang juga dikenal sebagai "scareware"(lihat gambar diatas).

Apa itu scareware ? Scareware adalah type dari sebuah malware yang mengklaim atau memberitahukan sebuah komputer terinfeksi oleh virus dan mencoba untuk menggiring pemakai internet untuk membeli full version software ini yang dikatakan akan membersihkan infeksi yang sebenarnya fiktif ini. Secara umum type dari malware ini mencoba untuk mendisable atau menguninstal antivirus tang ada, menyebabkan Windows secuity center pada komputer memberitahu bahwa tidak ada antiviris pada komputer kita. Jadi sangat sulit untuk antivirus mendeteksi dan menghilangkan type malware ini karena type ini bukan benar-benar virus.

Kenyataan bahwa sebuah akses Wi-Fi terindikasi terdapat malware, mungkin juga bisa saja tidak terproteksi dari infeksi yang tersembunyi yang lebih berbahaya seperti keylogger. Tidak seperti scareware yang bisa diketahui keberadaannya, keylogger sangat sulit diketahui atau tidak ada indikasi bahwa sebuah keylogger aktif di komputer, ia diam-diam akan merekam apa yang kita ketik di keyboard. Ini berarti bahwa username dan password untuk berbagai akun private kita dapat dicuri.

Jadi berhati-hatilah dengan akses Wi-Fi gratis atau akses internet publik, yang terbaik untuk mengkases akun anda adalah pada jaringan yang sudah anda ketahui keamananya, jika anda berbagi komputer dangan teman anda, ingatlah untuk merubah password anda secara reguler.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda :