18 November 2009

Kerja Keras Adalah Energi Kita - Transformasi Pertamina

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Berbicara mengenai PT. Pertamina sekarang ini, tentu mengingatkan kita kepada program Transformasi Pertamina yang sudah digulirkan sejak tahun 2006 silam. Dulunya Pertamina adalah Sebuah perusahaan yang hampir identik dengan kontroversi, mulai dari budaya feodal yang sudah berakar dimana semua penugasan bersifat monopoli sampai dengan hutang luar negeri berskala besar yang membuat Pertamina bangkrut di tahun 1974.

Pada era Persero (transformasi perusahaan) banyak perubahan terjadi dalam tubuh manajemen, Pertamina telah melakukan tranformasi dan restrukturisasi yang mendasar agar menjadi suatu perusahaan yang mampu menerapkan GCG (Good Corporate Governance) secara konsisten dan efisien. Dengan kerja keras tentunya Pertamina akan mampu mewujudkan visinya manjadi perusahaan minyak dan gas kelas dunia (world class integrated oil and gas company) ditahun 2014, sebuah harapan yang besar bagi pertamina dan bangsa indonesia.

Saya yakin bahwa ketika dimulainya era tranformasi di tubuh pertamina, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, mendobrak sistem yang telah berjalan puluhan tahun tentu saja akan selalu ada pro dan kontra, akan ada pihak-pihak yang tidak setuju.

Sejauh ini masyarakat mungkin bisa melihat beberapa program nyata dari pertamina yang sudah cukup berhasil, diantaranya Program Konversi minyak tanah ke elpiji yang bertujuan untuk penghematan energi bahan bakar minyak, meskipun ada ketakutan dari beberapa kalangan masyarakat mengenai keamanan pemakaian tabung gas. Bahkan berdasarkan cerita teman saya yang berkunjung ke sebuah desa ada banyak keluarga yang mengembalikan dan bahkan menjual paket konversi ini karena takut tabung gasnya meledak. Mengenai hal ini saya perlu adanya penyuluhan kembali kepada masyarakat agar program ini berhasil.

Disamping itu program yang lain adalah bergantinya wajah SPBU Pertamina dengan yang lebih bagus dan diterapkannya Program Pertamina "Pasti Pas" di hampir setiap SPBU dengan pelayanan yang lebih ramah dan dapat dipercaya. Ini sebuah kerja keras Pertamina untuk bisa bersaing dengan kompetitor dari negera-negara lain yang saat ini mulai memasuki pasar dalam negeri.

Perubahan dari sisi manajemen mungkin masyarakat belum banyak yang tahu seperti apa, mungkin tranparansi dan responsiblitas yang tentunya lebih baik, yang pasti pertamina harus mampu melakukan efisiensi dari segi distribusi dan produksi agar bahan bakar minyak bisa menjadi lebih murah sehingga dapat di nikmati seluruh lapisan masyarakat. Terus terang saja saya sendiri adalah pengguna produk-produk pertamina seperi bahan bakar premium dan minyak pelumas kendaraan bermotor, tidaka ada dalam pikiran saya untuk membeli produk sejenis dari perusahaan luar.

Perlu digaris bawahi adalah upaya kerja keras pertamina untuk menjadikan energi minyak bumi dan gas bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan perlu dihargai, karena mau tidak mau Pertamina adalah perusahaan yang harus berfungsi sebagai pelayan publik (public service obligation) disamping sebagai perusahaan yang berorientasi profit.

Sebagai seorang blogger saya berharap kepada Pertamina di ulang tahunya yang ke 52 ini untuk selalu menjaga kualitas produksi baik itu berupa barang maupun jasa, menyiapkan SDM berkualitas untuk mampu bersaing dengan perusahaan sejenis dimasa depan. Selalu berkomitmen untuk menerapkan aturan main, etika kerja dan prinsip-prinsip kerja yang baik. Dengan kata lain prinsip Good corporate Governance (GCP) yang baik harus selalu dipegang teguh. Ingatlah selalu "Kerja Keras Adalah Energi Kita" semoga Cita-cita pertamina untuk menjadi world class integrated oil and gas company benar-benar dapat tercapai di tahun 2014 nanti.

Author:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

10 comments:

  1. Berkunjung, moga sukses ya sob. Lagi belajar tentang Cari Duit Di Facebooks

    ReplyDelete
  2. aku suka produk indonesia pertamina memang terbaik

    ReplyDelete
  3. maju trus pertamina. . .

    tuker link bro????

    http://www.pes2010patchs.com/

    ReplyDelete
  4. kapan ya pertamina bisa sejaya petronas

    ReplyDelete
  5. selamat berjuang, semoga tambah sukses dan tetap semangat! :)

    ReplyDelete
  6. aq akan mendukungmu sob mga bsa menang

    ReplyDelete
  7. iya ini. sebagai perusahaan besar miliki negara sudah semestinya memberikan yang terbaik buat rakyat. PLN apalagi, jangan mati-mati terus dong...lebih prof lagi lah..

    ReplyDelete

Silahkan isi komentar anda :

 
Copyright ©2016 myworld mylife • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger