30 November 2009

Pengertian dan Kegunaan BIOS

Share On Facebook ! Tweet This ! Share On Google Plus ! Pin It ! Share On Tumblr ! Share On Reddit ! Share On Linkedin ! Share On StumbleUpon !
Pada posting kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian dan Keguanaan BIOS secara umum. Kata BIOS dalam bahasa Yunani berarti "kehidupan", dalam terminologi komputer BIOS singkatan dari Basic Input Output System. Ini adalah komponen penting-sebuah firmware- dalam komputer yang umumnya di buat menggunakan bahasa rakitan (assembly) , BIOS ini dimasukkan pada sebuah chip pada motherboard yang gunanya membantu suatu sistem operasi untuk berkomunikasi, bios ini bertindak sebagai perantara antara hardware dengan mekanisme operasional nya (sistem operasi). Tanpa bantuan dari BIOS sistem operasi komputer tidak akan dapat membuat komunikasi atau tidak mampu mengendalikan hardware, dengan kata lain bahwa BIOS dapat dianggap sebagai unsur yang menentukan pada komputer mana pun. Jika pada suatu keadaan dimana BIOS tida bekerja dengan sempurna, maka kinerja komputer akan melambat lebih dari 40%.

Banyak praktisi komputer menyebutnya sebagai ROM BIOS karena memang disimpan pada chip ROM (Read Only Memory) dengan tujuan dapat segera di eksekusi ketika komputer dinyalakan. Beberapa kegunaan BIOS yang sangat penting adalah sebagai pengatur konfigurasi dasar pada komputer seperti tanggal, jam, setup booting, menguji hardware pada proses Power On Self Test (POST), pengaturan hardware, menjalankan operating system dan menjaga kestabilan komputer.

Sekarang BIOS sepengetahuan saya tidak lagi disimpan dalam bentuk ROM tapi sudah dalam bentuk EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory) atau Flash ROM dengan tujuan untuk mendukung kompleksitas dari sebuah sistem komputer. Flash memori ini dapat di upgrade/update oleh penguna tetapi tetap harus berdasarkan kepada instruksi dari pembuat BIOS (Award Software, Phoenix Technologi, AMI-American Megatrends Incorporated). Untuk update bios kita harus hati-hati karena udate yang tidak benar bisa mengakibatkan motherboard mati mendadak, ada baiknya tanyakan langsung pada vendor atau teknisi yang sudah berpengalaman.

Author:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

18 comments:

  1. hahaha.... bentul. dari sekian banyak komponen di komputer, gw paling takut sama BIOS..., taruhannya berat = beli mobo baru. :hammer:

    kekeke.. ga berani ngutak-atik. :D

    ReplyDelete
  2. salam sobat
    trims infonya.
    saya jadi tahu nich bahwa BIOS tujuannya mendukung kompleksitas dari sebuah sistem komputer.

    ReplyDelete
  3. thank's for visit me friend.. infonya bgus plus menambah wawasan...

    ReplyDelete
  4. oO.. bisa di upgrade yach trnyta.
    ru tw aQ.
    thankz maz..

    ReplyDelete
  5. makasih infonya sob berguna banget buat aku

    ReplyDelete
  6. ini dia yang aku cari cari sob makasih ya

    ReplyDelete
  7. udah 2x mobo sy rusak BIOS nya, kalo dah gitu susah deh mau servis juga

    ReplyDelete
  8. Nice info sob.. sering2 yak buat info menarik kaya gini... maksih...

    ReplyDelete
  9. wah, makasih nih infonya :D
    BIOS oh BIOS :D jadi ingat sat presntasi :D

    ReplyDelete
  10. guna nya update bios untuk menutupi bug lama pada mobo
    dan mengganti bug baru untuk mendeteksi hardware pada pc

    ReplyDelete
  11. upodate bios nga masalah gan
    asal emang lo bener2 paham apa itu bios
    cara update bios
    dengan benar
    jangan sampe salah
    ya resiko mobo emang mati
    tapi masih bisa cabut batre cmos
    ya jadi install ulang os

    ReplyDelete

Silahkan isi komentar anda :

 
Copyright ©2016 myworld mylife • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger